Sistem Informasi Penentuan Paket Pembelian Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth pada KPRI Jember

Authors

  • Mohammad Ivan Noorkholid Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember
  • Muhammad Arief Hidayat Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember
  • Gama Wisnu Fajarianto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/bst.v8i2.11848

Keywords:

marketing strategy, frequent pattern growth, association rules

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi penentuan paket pembelian produk pada KPRI Jember. Sistem ini menggunakan algoritma Fp-Growth (Frequent Pattern Growth) untuk menghasilkan informasi tentang paket pembelian produk dengan menangkap fenomena yang terjadi dalam transaksi penjualan. Implementasi algoritma Frequent Pattern Growth menggunakan PHP. Data hasil perhitungan algoritma Frequent Pattern Growth divisualisasikan dalam halaman website. Penerapan algoritma Frequent Pattern Growth didukung dengan metode association rules untuk menghasilkan data yang lebih lengkap dan akurat. Perhitungan membutuhkan data masukan berupa minimum support dan minimum confidence untuk memproses data transaksi penjualan menjadi paket pembelian produk. Dengan memasukkan minimum support 1 dan minimum confidence sebesar 50, hasil perhitungan didapatkan bahwa paket pembelian produk yang muncul sebanyak 10 paket dengan minimum support yang bermacam-macam berurutan dari produk pertama sampai produk terakhir. Semakin besar minimum support dan minimum confidence yang dimasukkan maka semakin sedikit paket pembelian produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

General